Sabtu, 20 Februari 2010

Amalan yang paling benar


Al kisah, Fudhail bin iyadh Seorang ulama salaf yang sejaman dengan ibnul mubarok ,ketika ditanya oleh seseorang amalan apakah apakah yang paling benar? Beliau kemudian menjawab “Amalan yang ikhlas dan juga sesuai syariat”.
Saudara ku,pernah ga kita berpikir apakah amalan kita benar? Apakah shalat kita benar,puasa kita benar,cara makan kita benar ,cara berpakaian kita benar?.
Ya tentunya semua yang kita lakukan dalam rangka beribadah kepadanya harus benar.Eh ,tapi ikhlas ga nih??.Ya kedua duanya juga harus agar diterima di sisiNya sebagai Amal ibadah,tapi apa itu ikhlas dan apa itu sesuai syariat?mari kita bahas.

1) Ikhlas
Dalam Al qur’an terdapat surat al ikhlas yang artinya”Murni”.
“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus…”(qs:Al bayyinah:5)
Jadi Ikhlas itu tujuan nya ya cuma Allah aja,ga usah macem macem bro.Melakukan karena Allah Aja,menjauhi Karena Allah.Emang sih kadang kadang ada aja tuh perasaan ingin di puji,di sanjung,di Segani dan diakui.Tapi Bismillah aja bro.. buang perasaan itu jauh jauh sebab bakalan membuat hati Kita berpenyakit.Bahkan seorang Ulama Besar pun ga ada jaminan untuk bisa selamat dari penyakit ini.
Barangsiapa memberi karena Allah, menolak karena Allah, mencintai karena Allah, membenci karena Allah, dan menikah karena Allah, maka sempurnalah imannya. (HR. Abu Dawud)
Barangsiapa memurkakan (membuat marah) Allah untuk meraih keridhaan manusia maka Allah murka kepadanya dan menjadikan orang yang semula meridhoinya menjadi murka kepadanya. Namun barangsiapa meridhokan Allah (meskipun) dalam kemurkaan manusia maka Allah akan meridhoinya dan meridhokan kepadanya orang yang pernah memurkainya, sehingga Allah memperindahnya, memperindah ucapannya dan perbuatannya dalam pandanganNya. (HR. Ath-Thabrani).

2) Sesuai Syariat
Rasulullah diutus sebagai suritauladan yang yang baik untuk umat manusia.Apalagi kita sebagai umat Islam wajib mencontoh beliau dalam hal ibadah maupun sehari hari,karena jika tidak, bukan tidak mungkin amalan yang kita lakukan tidak terima.
Sesungguhnya ucapan yang paling benar adalah Kitabullah, dan sebaik-baik jalan hidup ialah jalan hidup Muhammad, sedangkan seburuk-buruk urusan agama ialah yang diada-adakan. Tiap-tiap yang diada-adakan adalah bid'ah, dan tiap bid'ah adalah sesat, dan tiap kesesatan (menjurus) ke neraka. (HR. Muslim).
Dari mulai shalat,Puasa,zakat dsb.haruslah sesuai dengan apa yang di contohkan oleh rasulullah.Jika tidak maka di khawatirkan menjurus pada perbuatan bid’ah( membuat Sesuatu yang baru dalam hal ibadah).kita ga ngebahas bid’ah disini karena hal itu butuh pembahasan yang khusus.untuk pemahaman bid’ah lebih lanjut bisa baca Buku”sunah&bid’ah” karya yusuf al qordlowy.pada intinya bisa diambil kesimpulan dari artikel ini bahwa amalan yang benar itu memenuhi sekurang kurangnya memenuhi 3 syarat yaitu:
1.Ikhlas ,lawannya syirik
2.Ada perintah dari Allah dan RasulNya
3.i’tiba(Mengikuti) Rasulullah
Semoga kita semua termasuk orang orang yang beramal yang benar di sisi Allah.Wallahu alam bishowwab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar