Sabtu, 20 Februari 2010

Karena Dia tak mau disekutukan

Jika kita mempunyai seorang kekasih kemudian melihat nya malah selingkuh tentu kita marah.Banyak pasangan Suami istri yang bertengkar gara gara persoalan selingkuh, bahkan Muda mudi pun seolah latah akan hal ini walaupun hubungan mereka ga jelas atas dasar apa . Kita yang bodoh,yang lemah dan hanya mahluk yang terbuat dari setetes air yg hina merasa punya hak marah jika kekasih kita mendua.Lalu bagaimana dengan Allah Sang Maha pencipta,yang menciptakan mahlukNya dengan sendirian kemudian di Dua(Sekutu)kan?.Inilah yang di maksud Syirik dalam Istilah agama,Lalu apa itu syirik ,apa itu musyrik?.
Syriik secara istilah adalah menyekutukan Allah , pelakunya disebut musyrik. Syirik terbagi menjadi dua yaitu Syirik Akbar dan Syirik Asghar.Syirik Akbar bisa menyeret pelakunya keluar dari islam bahkan bisa menghapus amalan,Sedangkan Syirik Ashgar adalah Riya(ingin ridho manusia).
Sesungguhnya riya adalah syirik yang kecil. (HR. Ahmad dan Al Hakim)
.Tetapi bukan pembagian itu yang hendak di jelaskan di sini secara mendetail.Melainkan apa saja yang termasuk syirik dan bahayanya.Syirik Akbar efeknya lebih berbahaya dari pada Riya.Tapi bukan berarti riya tidak bahaya.Baik mari kita simak ayat ini

Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu: "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi".(Az-zumar:65)

"Dikemukakan oleh Al Baihaqi di dalam kitab Ad Dalil,yang bersumber dari Al Hasan Al Bashry yang berkata:Orang orang Musyrik berkata ,kepada Nabi SAW : Apakah kamu menggangap sesat nenek moyang mu,hai Muhammad?’.Maka Allah menUruKAn ayat "QUL AFAGHAIRALLAHI TAKMURUNII A’BUDU…………sampai ……MINASYSYAKIRIINA"(Juz.24,39/Az zumar ayat 64,65 dan 66),Berkenaan dengan peristiwa itu sebagai jawaban terhadapan pertanyaan mereka yang menegaskan bahwa sebelum nabi Muhammad saw telah di turunkan wahyu yang harus di taati .dan bagi orang orang yang menyekutukan Allah akan merugi selama lamanya".(Lubabun Nuqul fi Asbabun Nuzul,Imam Jalaludin As suyuti)

Orang orang Jahiliyyah dahulu ternyata mempercayai Allah juga ,buktinya nama mereka ada Abdullah.Bahkan dalam perjanjian Hudaybiyah mereka menawar permulaan kata perjanjian,yang tadinya Bismillahirrahmanirrahiim menjadi Bismika Allahumma karena hal itu tidak mereka kenal (Silahkan lihat di Sejarah Hidup Muhammad,karya M.Haeckal Buka Bab Hudaybiyyah).Tapi kenapa mereka di sebut jahiliyyah? Karena di samping mereka menyembah Allah mereka mereka juga menyembah yang lain,Sepeti patung Latta Uzza dan juga adat istiadat mereka yang Jahil.

Sungguh menyembah patung termasuk perbuatan syirik Akbar yang bisa menyeret pelakunya keluar dari islam.Begitu juga dengan menyembah Syetan yang mengajak ke Neraka dengan mengikuti perbuatan Siriknya.Yaitu Syetan dari golongan Jin dan Manusia.Adalah dari golongan jin mereka masuk melalui pesugihan,Wafak,ngepet,jimat dan sebagainya.Sedangkan dari golongan manusia mereka halalkan apa yang diharamkan oleh Allah dan mengharamkan apa yang dihalalkan olehNya,kemudian manusia mengikutinya (Kisah ibnu Hatim yang brtanya kepada Nabi mengapa orang nasrani dikatakan menyembah Rahib rahib mereka,karena adi bin hatim merasa bahwa dia sewaktu nasrani tidak menyembah Rahib,HR tirmidzi)

Bahaya Syirik

1)Haram masuk surga
لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ وَقَالَ الْمَسِيحُ يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اعْبُدُوا اللَّهَ رَبِّي وَرَبَّكُمْ إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ
Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah adalah Al Masih putra Maryam", padahal Al Masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israel, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu" Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang lalim itu seorang penolong pun. (al ma’idah:72)
"Sudah disebutkan di muka dalam surah ini iden-titas orang-orang yang mengatakan bahwa Allah adalah Almasih putra Maryam, bahwa orang yang berakidah demikian itu adalah kafir. Sekarang iden-titas itu diulang kembali, baik bagi orang yang me-ngatakan bahwa Allah sebagai salah satu oknum dari tigatuhan (Trinitas) maupun yang mengatakan bahwa Allah adalah Almasih putra Maryam (inkar-nasi), dengan menyebutkan kesaksian Isa alaihis-salam sendiri bahwa mereka adalah kafir".(Tafsir Fi zhilalil Qur’an,Sayyid Quthub)
2) Terhapus Amalan
Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu: "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi". (Az-zumar:65)

Sebuah Nasehat

Hadis riwayat Abu Ayyub Al-Anshari ra.: Bahwa Seorang badui menawarkan diri kepada Rasulullah saw. dalam perjalanan untuk memegang tali kekang unta beliau. Kemudian orang itu berkata: Wahai Rasulullah atau Ya Muhammad, beritahukan kepadaku apa yang dapat mendekatkanku kepada surga dan menjauhkanku dari neraka. Nabi saw. tidak segera menjawab. Beliau memandang para sahabat, seraya bersabda: Ia benar-benar mendapat petunjuk. Kemudian beliau bertanya kepada orang tersebut: Apa yang engkau tanyakan? Orang itu pun mengulangi perkataannya. Lalu Nabi saw. bersabda: Engkau beribadah kepada Allah, tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu, mendirikan salat, menunaikan zakat dan menyambung tali persaudaraan. Sekarang, tinggalkanlah unta itu. (Shahih Muslim No.14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar